Hidupmu Hari Ini, Bukan Sekadar Cerita Kemarin atau Impian Besok - jujujojo.com

Breaking

cari disini

Friday, October 18, 2024

Hidupmu Hari Ini, Bukan Sekadar Cerita Kemarin atau Impian Besok



 

"Siapa saja yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang beruntung. Siapa saja yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang merugi. Siapa saja yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia orang yang dilaknat (celaka).” (HR Al-Hakim).


Merasa stuck dalam hidup, seolah-olah cuma ngikutin alur yang nggak jelas tujuannya? Seringkali, kita terlalu sibuk memikirkan masa lalu yang udah nggak bisa diubah atau masa depan yang belum tentu sesuai bayangan. Padahal, Islam mengajarkan kita untuk fokus pada hari ini, menjadi lebih baik dari pada hari kemarin. Bukan hanya sekadar nostalgia atau harapan yang mengawang-awang, tapi tindakan nyata di masa sekarang. Jadi, yuk kita bahas bagaimana Islam bisa jadi pedoman keren buat hidup kita hari ini, bukan kemarin atau besok!

Kehidupan manusia itu seperti potongan-potongan puzzle yang terus disusun. Kadang, kita biasanya terlalu fokus pada bagian yang hilang kemarin atau potongan yang belum kita temukan untuk masa depan, sampai lupa kalau yang paling penting adalah apa yang sedang kita kerjakan saat ini. Kita semua punya kesempatan untuk memperbaiki diri selama nyawa masih dikandung badan, tapi kuncinya adalah dengan fokus pada sekarang, karena itulah waktu yang benar-benar kita punya.  


Kalau kamu siap buat mulai menjalani hidup yang lebih tenang, terarah, dan penuh makna, yuk kita bahas 10 cara ajaran Islam bisa membantu kamu hidup untuk hari ini, bukan cuma sibuk mikirin kemarin atau nanti!


 
1. Shalat Tepat Waktu, Bukan Nanti-Nanti

Bagi seorang muslim sholat itu tiang agama. Dengan melaksanakan sholat dan juga  tepat waktu akan mencegahmu dari perbuatan mungkar. Selain itu mengajarkanmu untuk menjadi pribadi yang disiplin dalam waktu.


2. Zikir: Recharge Jiwa di Tengah Kesibukan
Zikir atau mengingat Allah SWT.
 Sempatkan waktumu untuk berzikir jangan nati-nanti, agar hatimu tenang. Mengutip al-quran surah Ar Ra'd ayat 28 Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.


3.  Sedekah Sekarang, Bukan Nunggu Kaya Dulu
Banyak orang mikir, "Nanti deh sedekah kalau udah sukses." Padahal dengan bersedekah tidak membuatmu miskin dan pasti ada balasannya.  Meskipun sedikit. Kecil buat kita, besar di mata Allah SWT.

 
4. Jaga Silaturahmi Hari Ini, Bukan Nunggu Lebaran
Agar silahturami tak putus. Jangan nunggu ada acara besar buat silaturahmi atau bahkan nunggu sampai lebaran kelamaan. Walaupun tak bertemu secara fisik karena berbagai macam alasan tapi masih bisa atau disempatkan silahturami via telpon, sms atau medsos.


5. Minta Maaf dan Maafin Sekarang, Jangan Nunda-Nunda
Nggak usah tunggu hari raya buat maafin atau minta maaf. Hati yang tenang itu dimulai dari sekarang, nggak perlu nunggu waktu yang dianggap "tepat." yang entah kapan datangnya.
“Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A’raf: 199)


6. Belajar Ilmu Agama Setiap Hari, jangan nunggu tua
Masih sibuk, belum sempat dan nunggu tua aja. macan-macam alasannya. Apakah pernah terpikir yakin usianya sampai tua?. Ada baiknya menyempatkan waktu untuk belajar agama walau hanya sebentar tapi berkelanutan.


7. Bersyukur Buat Apa yang Kamu Punya Hari Ini
Islam selalu ngajarin kita untuk bersyukur. Nikmatin dan syukuri hal-hal kecil yang kamu punya hari ini, sekecil apapun itu. Ketika kita bersyukur Allah SWT akan menambahkan nikmatnya.


8. Perbaiki Diri Setiap Hari, Bukan Nunggu Kesempatan Besar
Terkadang kita nunggu momentum besar buat berubah, padahal perubahan itu bisa dimulai dari hal kecil hari ini. Mulai perbaiki dari hal-hal simpel, seperti kebiasaan buruk yang bisa kamu kurangi sekarang.


9. Berdoa,  Jangan Nunggu Masalah Berat Baru Berdoa
Doa itu bukan cuma buat saat kita punya masalah besar. Kamu bisa berdoa kapan aja kepada Allah SWT, bahkan di saat bahagia. Jangan nunggu besok, doa hari ini!.


10. Menjaga Amanah, Jangan berhianat
Amanah itu tanggung jawab yang ada di depan mata kita dan harus dijaga. Apa yang bisa kamu lakukan sekarang bila diberi amanah. Laksanakan dan jaga amanah itu jangan menghianatinya.


Ada cerita nih, suatu hari ada orang anakmuda yang nanya ke seorang ustad, "Kapan waktu yang terbaik buat berubah jadi lebih baik?" pak ustad itu dengan santai jawab, "Waktu terbaik itu kemarin. Tapi kalau kamu nggak bisa balik ke kemarin, ya sekarang!" Jadi jangan nunggu, guys, hidup ini bukan trial and error, langsung aja jalanin dengan sebaik mungkin.

 

Jadi....
Islam itu ngajarin kita buat hidup sepenuhnya hari ini. Kemarin udah lewat, besok belum tentu ada, tapi hari ini adalah kesempatan terbaikmu. Mulai dari shalat, sedekah, sampai memperbaiki hubungan dengan orang lain, semua bisa kamu lakukan sekarang juga. Jadi, nggak ada alasan buat nggak memanfaatkan waktu hari ini dengan bijak

No comments:

Post a Comment